Air Mata Takwa

“Ada dua mata yang tidak disentuh api neraka, yaitu mata yang menangis di tengah malam karena takut kepada Allah dan mata yang terbuka karena terjaga dalam peperangan di jalan Allah.” (Ibn ‘Abbas meriwayatkan hadist dari Rasullah SAW).

“Semua mata pada hari Kiamat menangis kecuali mata yang berpaling dari hal-hal yang diharamkan Allah; mata yang terjaga di jalan Allah; dan mata yang seolah-olah akan keluar (dari kelopaknya) karena begitu takutnya kepada Allah.” (Abu Hurayrah dari sabda Rasulullah SAW).

Pada hari kiamat, didatangkan neraka jahanam yang nyalanya bergerumuh. Setiap umat berlutut karena takut kepadanya, sebagaimana yang difirmankan Allah SWT :

“(Pada hari itu) kami melihat tiap-tiap umat berlutut. Tiap-tiap umat dipanggil untuk (melihat) buku catatan amalnya.” (QS al-Latsiyah [45] : 28).

Ketika mendatangi neraka, mereka mendengar suara didih dan nyalanya. Gemuruh nyalanya terdengar hingga jarak perjalanan lima ratus tahun. Masing-masing, termasuk para nabi, berkata, “Diriku, diriku…!” Kecuali Rasulullah SAW, beliau berkata:
“Umatku, umatku…!”

Lalu dari neraka jahanam itu keluar api sebesar gunung. Lalu umat Rasulullah SAW berusaha mendorongnya. Mereka berkata, “Hai api, demi hak-hak orang-orang yang menegakkan shalat, yang bersedekah, yang khusyuk, dan yang berpuasa, kembalilah!”

Akan tetapi, api itu tidak mau kembali. Lantas dipanggil malaikat Jibril AS, dan disampaikan bahwa api itu telah menghampiri umat Rasulullah SAW. Kemudian, Jibril AS datang dengan membawa segelas air, lalu diberikannya kepada Rasulullah SAW. Dia berkata: “Ya Rasulullah, ambillah ini, lalu siramkan pada api itu.”

Beliaupun segera menyiram api itu hingga api itu padam seketika. Lalu Rasulullah SAW bertanya : “Apakah air ini wahai Jibril?”

Jibril AS menjawab: “Ini adalah air mata orang-orang yang durhaka diantara umat anda. Kemudian mereka menangis karena takut kepada Allah. Lalu, aku diperintahkan untuk memberikannya kepada anda agar disiramkan pada api itu, sehingga api itu menjadi padam dengan ijin Allah SWT.”

Kemudian Rasulullah SAW pun berdoa :

“Ya Allah, anugerahkanlah aku dengan dua mata yang menangis karena takut kepada-Mu…”

20130804-140958.jpg

Gallery | This entry was posted in Al Islam. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s